Cara Membuat Nasi Ketan Kukus Tradisional Melayu dengan Gula Aren (Kuih Seri Muka)

Apa Itu Kuih Seri Muka?

Sejak kecil, saya suka makan kue tradisional Melayu—terutama yang dibuat oleh ibu saya. Oleh karena itu, ketika saya berada di kampung halaman saya baru-baru ini, hal pertama yang ingin saya pelajari dari ibu saya adalah resep makanan penutup tradisional Melayu yang disebut kuih seri muka. Itu terbuat dari beras ketan putih kukus dengan santan dan atasnya dengan puding gula aren gelap. Secara tradisional di keluarga saya, kami biasanya makan kuih seri muka dengan kopi hitam hangat di pagi hari sebagai sarapan. Namun, jenis kuih ini menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat untuk disajikan sebagai hidangan penutup.

Bahan Sederhana

Dari pengalaman saya, membuat masakan tradisional Melayu cukup rumit dan membutuhkan banyak bahan. Namun, saya senang mengatakan bahwa kuih seri muka adalah salah satu makanan penutup Melayu yang paling mudah dibuat karena bahannya lebih sedikit. Bahan utama dalam resep ini adalah beras ketan, santan, dan gula aren pekat. Anda juga membutuhkan sedikit tepung serbaguna dan gula pasir untuk membuat custard.

Tanda Tangan Ibuku

Resep lembut ini adalah milik ibuku. Menonton dan membantunya memasak makanan penutup ini, saya bangga mengatakan bahwa kuih seri muka adalah salah satu hidangan khas ibu saya, karena dia sering membuatnya ketika kami semua berkumpul di rumah orang tua saya. Sekarang, saya dapat berbagi apa yang telah saya pelajari dengan orang lain, beberapa di antaranya mungkin belum pernah mendengar atau mencobanya sebelumnya. Saya harap Anda akan mencoba resep ini dan menyukainya sama seperti kami!

Bahan

Untuk lapisan bawah:

  • 1 cangkir beras ketan, cuci dan saring
  • 1 cangkir santan encer

Untuk lapisan atas (custard):

  • 1 tabung gula aren gelap, potong kecil-kecil
  • 1 cangkir santan kental
  • 1/2 gelas air
  • 1/2 cangkir gula pasir putih (atau lebih, sesuai selera)
  • 5-6 sendok makan tepung serbaguna

Catatan: Beberapa mungkin menggunakan telur untuk membuat custard, saya memutuskan untuk menghilangkan telur untuk mempertahankan resep asli ibu saya.

Petunjuk arah

  1. Siapkan loyang bulat dengan plastik bebas BPA di dalamnya. (Jika tidak ada gunakan kertas roti).
  2. Buat lapisan bawah dengan meratakan beras ketan di wajan.
  3. Tuang santan encer di atas beras ketan.
  4. Masukkan panci ke dalam kukusan dan kukus selama sekitar 20 menit dengan api sedang-tinggi.
  5. Sementara itu, siapkan topping atau custardnya. Dalam panci kecil campurkan gula aren gelap dengan air. Masak dengan api sedang sampai membentuk campuran yang halus.
  6. Dalam mangkuk, campurkan campuran dark palm sugar dengan santan, gula putih, dan tepung serbaguna. Aduk hingga rata.
  7. Tuang campuran ke dalam mangkuk lain. Gunakan saringan untuk menyaring cairan. Menyisihkan.
  8. Setelah 20 menit, keluarkan adonan ketan, aduk dan ratakan dengan sendok atau tangan. Pastikan kompak. (Lihat foto di bawah).
  9. Perlahan, tuangkan campuran gula aren gelap di atas campuran beras. Kukus dengan api sedang-tinggi selama 20-30 menit.
  10. Keluarkan panci dari kukusan dan pindahkan kue ke rak kawat. Biarkan dingin sepenuhnya sebelum dipotong.
  11. Setelah dingin, potong kue dengan pisau seperti berbentuk berlian atau persegi panjang. Pindahkan kue ke piring saji.
  12. Sajikan segera dengan kopi atau teh.